Dunia bunda dan Anak

Prita Mulyasari, “From Email to Jail”

Posted on: Juni 5, 2009

From email to jail” ungkapan ini  menggambarkan kasus yang menimpa seorang ibu Rumah Tangga, Prita Mulyasari.  Ibu ini harus berpisah dengan dua orang putranya yang masih kecil (yang satu masih menyusui) karena harus berurusan dengan penjara dan di tahan selama 3 minggu karena mengirim sebuah email pribadi kepada rekan-rekannya terkait pengalaman buruk yang menimpanya saat berobat ke Rumah Sakit Omni International.

Sangat disayangkan kasus yang sederhana ini harusnya bisa di selesaikan dengan jalan damai, tapi sekarang kasus ini menjadi rumit.

Bagaimana tidak rumit, di satu pihak hanya gara-gara email, prita ibu dua anak ini harus merasakan dinginnya lantai tahanan selama 20 hari, di sisi lain,  pihak  RS omni international merasa isi email itu merupakan “Pencemaran Nama Baik” yang  pastinya ke depan akan sangat mengalami kerugian, karena Rumah Sakit adalah bisnis kepercayaan…pastinya setelah kasus ini di blow up media massa segencar ini, kepercayaan masyarakat akan turun, dan mereka akan berfikir ulang dulu jika mau berobat ke rumah sakit tersebut.

Kalau mau kilas balik, kasus ini tidak akan menjadi besar seandainya ketika jaksa menuntut prita untuk di tahan, kemudian RS menunjukan itikad baik dengan melarang jaksa untuk tidak menahan saja dengan alasan masih mempunyai anak kecil, pastinya jalan cerita akan berbeda, tidak serunyam ini.

ya..pada akhirnya kasus prita ini setidak nya menyadarkan bahwa perlunya peninjauan kembali UU ITE, karena di khawatirkan akan mengekang hak-hak warga negara untuk menyampaikan pendapat / kebebasan berekspresi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Komentar Pengunjung

%d blogger menyukai ini: