Dunia bunda dan Anak

PERSEPSI SUMBER KESUKSESAN YANG SALAH….

Posted on: Mei 22, 2009

Selama ini standard kecerdasan anak sering diukur dari seberapa besar kemampuan intelektual si anak dalam proses pendidikan. Parameternya adalah perolehan nilai ujian atau rangking kelas yang tinggi dianggap sebagai kunci pokok kecermelangan masa depan. 

Dan sebaliknya, jika nilai seorang anak itu buruk, maka dianggap anak tersebut mempunyai masa depan yang suram. Sehingga terkadang tidak sedikit orang tua, yang kurang serius menangani pendidikan anaknya, karena telah patah semangat melihat buruknya prestasi akademik anaknya.

Seorang psikolog Barat bernama Daniel Goleman di awal tahun 90-an memaparkan hasil penelitiannya yang cukup mencengangkan dunia lewat bukunya Emotional Intelegence (EI).

Menurutnya tingkat kecerdasan intelektual ternyata tidak berpengaruh banyak terhadap sukses tidaknya seseorang di masa depan. Kecerdasan intelektual nyatanya hanya menyumbang 20% saja pada kesuksesan hidup seseorang, sementara 80% sisanya dipengaruhi oleh faktor kecerdasan yang lain.

Ada 3 tipe kecerdasan , yaitu kecerdasan intelektual (Intelegence Quotient,IQ), kecerdasan emosional (Emotional Quotient, EQ), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient, SQ).

IQ memungkinkan orang berpikir logis dan rasional. Umumnya bersifat menurun atau warisan orang tua. Seseorang yang terlahir dengan IQ rendah tidak dapat direkayasa menjadi seorang yang jenius. Begitu juga sebaliknya, seseorang yang dilahirkan dari orang tua yang ber-IQ tinggi kemungkinan besar anak tersebuat akan ber-IQ tinggi pula.

Kecerdasan emosional menurut Daniel, disinyalir amat banyak berpengaruh bagi seseorang di masa depan. EQ lebih dipengaruhi oleh proses pembelajaran, pengasahan dan pelatihan seumur hidup. Sehingga EQ sangat dipengaruhi oleh lingkungan , keluarga, sekolah dan lingkungan yang dekat dengan seseorang itu.

Jadi, bunda… dan para orang tua, jangan pernah putus asa untuk mengasah kemampuan putra – putri Anda dan berikan pola pengasuhan terbaik kepada mereka. Ingat… kesuksesan mereka sebanding dengan seberapa sukses Anda mendidik mereka….

(Dikutip dari “Tulisan Muhammad Albani”)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Komentar Pengunjung

%d blogger menyukai ini: