Dunia bunda dan Anak

Sehat Ala Alpukat

Posted on: Mei 19, 2009

Hem…siang – siang enaknya minum apa,ya?? yang seger, enak dan pasti sehat tentunya. Salah satu pilihannya Es Dawet sari Alpukat/ Es jus Alpukat… wooww..TOP Banget pokoknya !!!!.

Gambar Buah Alpukat

Gambar Buah Alpukat

Daging buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan, teksturnya lembut dan mempunyai cita asa yang khas. Itulah Alpukat. Buah yang satu ini sering kita jumpai sebagai bahan jus, es buah, es krim dan bahkan sampai produk kecantikan.

Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Sejak itulah buah alpukat atau avokad mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.Manfaat Alpukat.

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan lemak. Kadarnya dua kali lebih tinggi dari buah durian. Eits…, tapi jangan khawatir kandungan lemak dalam alpukat terbukti ampuh menurunkan resiko stroke dan serangan jantung.

Karena apa ? Lemak alpukat adalah lemak sehat, sebab ia didominasi asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. Oleh karena itu, lemak alpukat dapat membantu menurunkan kadar “kolesterol jahat” LDL sambil menaikkan “kolesterol baik” HDL. Disamping diperkuat oleh kandungan betakaroroten, klorofil, vitamin E, dan vitamin B-kompleks.

Zat Kaya Manfaat dalam Alpukat

Alpukat atau avokad memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat atau avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Berikut ini penjelasan beberapa zat dalam alpukat atau avokad yang bermanfaat bagi tubuh kita:

Vitamin E dan vitamin A

    Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

Potasium atau Kalium

    Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

Lemak tak jenuh

    Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

Asam oleat

    Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

Vitamin B6

    Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

Zat Besi dan Tembaga

    Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.

Mineral Mangaan dan Seng

    Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Komentar Pengunjung

%d blogger menyukai ini: