Dunia bunda dan Anak

Kiat Sukses Bisnis Ibu Rumah Tangga

Posted on: Mei 19, 2009

Jika Bunda adalah seorang istri yang ingin / dianjurkan untuk all out di rumah (sebagai Ibu Rumah Tangga) dengan pertimbangan tertentu, padahal Anda ingin tetap berkarier, maka langkah yang tepat yang sebaiknya Bunda ambil adalah berkarier (berbisnis) dari rumah. Berikut kiat sukses berbisnis untuk Ibu Rumah Tangga :

Kenalilah Potensi Diri Anda dan Optimalkan

Andalah yang paling tahu potensi diri Anda sendiri. Mulailah untuk mengoptimalkan potensi diri Anda mungkin dari hobi atau pengalaman yang Anda punyai, kemudian mengkaitkannya dengan jenis bisnis yang akan digeluti. Misalnya Anda memiliki kemampuan menjahit, sebaiknya Anda memulai lagi mengasah kemampuan menjahit dan mulai melihat-lihat tren mode. Ini akan menjadi data base ketika Anda benar-benar terjun menjadi pebisnis rumah tangga yang memproduksi busana. atau Anda suka bercocok tanam, maka Anda bisa juga mengembangkannya dengan budidaya tanaman hias di depan rumah, misalnya. Dan jika Anda suka menulis, maka bisnis online juga bisa menjadi alternatif bisnis Anda, dll

Kenali kebutuhan ‘pasar’ di luar Anda
Dalam berbisnis, tentunya yang perlu kita perhatikan adalah apa kebutuhan masyarakat yang akan menjadi ‘konsumen’ di sekitar kita. jangan sampai kita menjual hal – hal yang tidak / kurang diminati di masyarakat kita. kita harus pandai mencari peluang yang ada yang kita sesuaikan dengan potensi / hobi kita.

Mintalah Izin & Dorongan Kepada Suami

Mungkin ini kelihatannya sepele. Tetapi jangan diremehkan. dorongan suami akan sangat bermanfaat misalnya dalam masalah dana/modal, jaringan rekan kerja di kantor, dll. Juga, menjalankan bisnis tidak selalu berjalan mulus. Tanpa seizin atau ridho suami alih-alih bisa sukses berbisnis justru di kemudian hari—ketika kendala menghadang—bisa menjadi sumber pertengkaran. Dengan adanya izin suami besar kemungkinan suami akan ikut mencari solusinya ketika bisnis menumbuk masalah.

Manfaatkan Teknologi

Berbisnis dari rumah jelas memiliki keterbatasan dibandingkan kalau kita berbisnis dari kantor di pusat bisnis. Untuk menutupi kelemahan itu, Anda harus memaksimalkan teknologi, terutama teknologi komunikasi. Anda bisa menggunakan telepon untuk menghubungi teman-teman lama yang potensial menjadi pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi internet sehingga produk Anda bisa diakses dari mana pun, bahkan tak terhalang oleh batasan wilayah negara.

Disiplin Keuangan

Salah satu kendala yang menggoda adalah masalah keuangan. Jangan pernah mencampuradukkan uang bisnis dengan uang belanja keluarga. Kalaupun terpaksa mengambil uang belanja untuk bisnis harus diperlakukan sebagai utang, demikian juga sebaliknya. Ini sebagai cara untuk memonitor apakah bisnis tersebut menguntungkan atau tidak. Sekalipun untung kalau hasil bisnis terlalu banyak dilarikan ke pos belanja keluarga, perkembangan bisnis akan seret karena untuk ekspansi usaha dibutuhkan modal yang lebih besar.

Banyaklah Beramal

Sepintas anjuran ini kelihatan tidak ada relevansinya dengan bisnis. Tetapi dari beberapa pengusaha sukses yang pernah kita jumpai adalah orang-orang yang suka beramal. Bahkan di Amerika Serikat CEO-CEO dari perusahaan berkinerja terbaik adalah pribadi-pribadi yang suka beramal .

Iklan

2 Tanggapan to "Kiat Sukses Bisnis Ibu Rumah Tangga"

sy ibu rumah tangga, sy punya skil tentang keputrian spt kristik,
buat taplak meja, kalaupun sy buat sesuatu dr kristik, sy tidak bisa marketingnya, dan suami sy tidak mendukung, tlg solusinya untuk sy, trims

Ibu djoewita yang kami hormati,
Sungguh disayangkan jika kemampuan/potensi ibu tidak dikembangkan. Suami tidak mendukungnya dari segi apa? klo masalah marketing, mungkin kita bisa bantu atau ibu bisa memasarkan via online, sehingga tidak mengganggu waktu ibu di rumah. tapi klo kesulitan, bisa dikirimkan ke email salah satu foto2 produknya berikut spesifikasinya untuk kami pertimbangkan selanjutnya.
Trims…moga bisa membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Komentar Pengunjung

%d blogger menyukai ini: